HTML


HTML merupakan suatu metoda untuk mengiplementasikan konsep hypertext dalam suatu dokumen. HTML hanya bersifat sebagai pemberi tanda (marking up) pada naskah teks. Berawal dari sebuah bahasa yang biasa disebut
SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan untuk menampilkan halaman web secara luas dan saat ini merupakan standar internet yang didefinisikan juga dikendalikan penggunanya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Berdasarkan kata-kata penyusunnya HTML adalah:
  • Hypertext, suatu kata atau frase yang menghubungkan satu naskah dengan naskah yang lainnya. Jika kita klik link tersebut, maka web browser akan memindahkan tampilan pada dokumen yang kita tuju.
  • Markup, sebagai petunjuk suatu HTML yang berisi instruksi yang dapat memberikan format pada dokumen yang ditampilkan pada World Wide Web.
  • Language, HTML merupakan kumpulan dari beberapa instruksi yang dapat digunakan untuk mengubah format dari suatu naskah atau dokumen. HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan yang kita inginkan. HTML dapat dbuka di browser web dan dapat dikenali oleh aplikasi [embuka email atau dari PDA dan program lain yang berkemampuan browser.

Postingan Populer