Pivot Table dan Pivot Chart


  ·         Pivot Table
Pivot Table digunakan untuk memilah atau meng-querykan data yang begitu kompleks sehingga kita bisa dengan leluasa untuk memilih mana saja yang ingin kita ambil variabelnya sesuai kebutuhan. Pivot Table berguna untuk
menyimpulkan, menganalisa, mengeksplorasi dan menyajikan data yang mudah dibaca dan dimengerti. Fitur dari Microsoft Excel ini sangat memudahkan dalam merangkum sejumlah besar data. Biasanya Pivot Table digunakan untuk menganalisa data numerik secara rinci, dari sini kita akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang biasanya tidak terduga dari data kita.
Dalam Pivot Table, kita dapat memilih suatu baris atau kolom yang hendak dijadikan referensi dalam melihat jumlah total dari suatu data. Pivot Table hanya bersifat report / laporan, artinya Anda tidak dapat mengedit data pada Pivot Table. Jika ingin mengedit data, maka Anda harus melakukannya pada table aslinya (sumber data).
Jadi pivot table memiliki dua kegunaan:
  1. Untuk menyederhanakan database (terutama database yang besar dan rumit) supaya lebih baik untuk dipresentasikan, lebih mudah dilihat, dan lebih mudah dianalisis/ dicerna oleh penyimak.
  2. Untuk membandingkan total atau rata-rata
·         Pivot Chart
Sama seperti hal nya pivot tabel, pivot chart juga menampilkan chart (grafik) sesuai data yang kita inginkan.  Pivot chart ini  adalah sebuah alat analisis data yang memungkinkan seseorang untuk memvisualisasikan pivot table . pivot chart ini adalah fitur buatan dari Microsoft Excel dan Microsoft Access.

Postingan Populer