MUSIK POP


A.PENGERTIAN SENI MUSIK POP
Istilah pop pertama kali dicetuskan oleh pengamat seni rupaberkebangsaan Inggris, Lawrence Alloway. Bagi Alloway pop-art padaprinsipnya merupakan
suatu istilah baru, suatu kesadaran baru darisekelompok seniman dan cendekiawan. Kata pop berasal dari gerakanseni rupa yang muncul sekitar tahun 1960-an di Amerika dan Inggris.Dalam gerakan itu pop kira-kira dimaksudkan sebagai resep untuk mengendorkan pandangan-pandangan lama yang dianggap cocok dengan perkembangan zaman.
Musik POP (sebuah istilah yang awalnya berasal dari sebuahsingkatan dari "populer") biasanya dipahami secara komersial rekamanmusik, sering berorientasi menuju pasar muda, biasanya lirik lagunyarelatif singkat dan sederhana serta memanfaatkan inovasi teknologiuntuk menghasilkan variasi baru pada tema yang ada. Musik pop telah menyerap sebagian besar pengaruh dari bentuk-bentuk lain dari musik popular.
B.SEJARAH MUSIK POP INDONESIA
Musik pop di Indonesia diawali oleh sebuah grup yang cukupterkenal pada tahun 1970-an. Nama grup ini adalah koes plus. Grup inimenjadi legendaris di Indonesia karena puluhan lagu, bahkan ratusan lahir dari kelompok musik ini, dari yang versi pop, pop jawa, iramamelayu, dangdut, pop anak-anak, lagu berbahasa Inggris, iramakeroncong, folk song, dan hard beat. Baru-baru ini namanya diabadikan sebagai kelompok musik dengan lagu terbanyak di Museum RecordIndonesia (MURI). Lagu mereka sungguh sederhana baik dalam syair, musik, maupun melodi. Ciri khasnya adalah perpaduan suara antara vokalis mereka (Yon dan Yok) yang khas. Lagu-lagu mereka masih tetap digemari sampai sekarang.
Kelompok ini dibentuk pada tahun 1969, sebagai kelanjutan darikelompok Koes Bersaudara. Koes Bersaudara menjadi pelopor musikpop and rock ‘n roll, bahkan pernah dipenjara karena musiknya yangdianggap mewakili aliran politik kapitalis. Di saat itu sedang garang-garangnya gerakan anti kapitalis di Indonesia.
Sekitar tahun 1976, Koes Plus mulai redup, mungkin karenagenerasi yang berganti dan selera musik masyarakat yang terusberkembang. Sekitar 1978, Koes Plus benar-benar lesu. Kelesuannyadigantikan oleh penyanyi solo ataupun grup yang terus menerusberganti dari tahun ke tahun. Sekitar tahun 1970 sampai 1980-an musik pop Indonesia dihiasi oleh kelompok musik antara lain Koes Plus, Mercy’s, Panber’s, D’Lloyd. Selanjutnya, akhir-akhir ini masuk kelompok-kelompok musik baru seperti Gigi, Sheila On 7 Peterpan, dan Radja.
Inilah gambaran bahwa musik pop akan sangat terkenal dalamkurun waktu tertentu dan akan segera menghilang. Setelahmenghilangnya Koes Plus sebagai pelopor musik pop di Indonesia, makamuncul lagi generasi musik pop berikutnya.
C.PERKEMBANGAN MUSIK POP INDONESIA
Dulu musik di Indonesia banyak diisi oleh band dari Malaysia danSingapura. Akan tetapi, sejak tahun 1960, Indonesia mulai berkreasisendiri dengan diprakarsai oleh band Koes Bersaudara (koes plus).Sejak saat itu mulai muncul band-band pop di Indonesia. Sekarangtelah banyak penyanyi dan band Indonesia yang terkenal di AsiaTenggara seperti Krisdayanti, Rossa, Ungu, Wali, dan Peterpan.
D.MANFAAT MUSIK POP
Semua aliran musik pasti mempunyai manfaatnya masing-masing,yang berguna bagi para penikmat aliran musik yang mereka sukai, baikitu aliran musik pop, musik dangdut, musik jazz, musik keroncong ataualiran musik yang lainnya. Adapun manfaat dari musik pop sendiriantara lain sebagai berikut.
· Mengembangkan daya kreatifitas para musisi
· Sanggup membawa nama bangsa ke mancanegara
· Dengan keunggulan- keunggulan yang dimiliki POP, aliran musik ini
bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri

Postingan Populer